Halloween, Warga AS Habiskan Dana Rp89 Triliun

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 16:06 WIB
Halloween, Warga AS Habiskan Dana Rp89 Triliun
Halloween, Warga AS Habiskan Dana Rp89 Triliun
A A A
NEW YORK - Tak kurang dari USD7,4 miliar (Rp89 triliun) akan keluar dari kantong warga Amerika Serikat (AS) pada perayaan Halloween tahun ini. Dari jumlah itu, USD2,8 miliar (Rp33,8 triliun) dipakai untuk belanja kostum bagi anak-anak, orang dewasa dan bahkan binatang peliharaan.

Selama beberapa tahun belakangan, belanja kostum pada saat Halloween bukan hanya untuk anak-anak. Orang dewasa pun turut serta berpesta dan mereka pun tak segan merogoh kocek untuk mendapatkan kostum yang mereka inginkan.

Sementara pada Jumat (31/10/2014) malam waktu setempat anak-anak akan mengetuk pintu rumah tetangga melakukan trick or treat, sekitar 75 juta orang dewasa pun tak mau ketinggalan melakukan perayaan.

“Halloween benar-benar dirayakan orang dewasa belakangan ini. Apalagi tahun ini jatuh pada hari Jumat. Kami perkirakan ini akan benar-benar gila,” papar Kodi Hadrick, 26, manager Abracadabra di Manhattan, yang menyewakan dan menjual berbagai macam perlengkapan dari kostum, wig, sepatu, dan aksesoris Halloween, kepada Reuters.

Tak seperti tahun sebelumnya ketika konstum terinspirasi film American Psycho atau serial televisi Dexter, tak ada kostum incaran tahun ini. Tapi, Elsa dari film Frozen dan Maleficent, karakter Angelina Jolie di film dengan judul yang sama adalah kostum favorit anak-anak dan dewasa.

“Biasanya, kami bisa bilang. Tahun lalu ada tema yang jelas, tapi tahun ini semuanya sama,” ujar John Kanazawa, yang bekerja di bagian sewa kostum dewasa Abracadabra.

Meski orang-orang tertawa ketika melihat kostum Ebola—jumpsuit (busana terusan blus dan celana panjang) plastik kuning terang dengan kacamata malam dan masker muka, Kanazawa mengatakan, ada sejumlah orang yang mengambilnya.

Malahan, konsumen cenderung mempanjang sewa kostum dari USD100—450 (Rp1,2—5,4 juta) selama tiga hari atau sebulan selama musim Halloween.

Kostum Maleficent yang panjang dengan tanduk kulit warna hitam yang dibuat desainer toko itu bisa disewa dengan harga USD450. Sementara kostum Elsa lebih sedikit murah.

“Tidak ada kostum tradisional saat ini. Ini jelas apa yang dibangun media sosial dan pers. Banyak orang yang mau keluar, terutama di New York,” papar Hadrick.

Harga untuk paket kostum dewasa di Abracadabra rata-rata mencapai USD60 (sekitar Rp725.000) untuk Dracula, Wonder Woman dan penyihir. “Harganya bisa mencapai beberapa ribu dolar kalau Anda menginginkan kostum high end,” ujar Hadrick.

Toko ini juga menyediakan layanan berdandan di malam Halloween. Sedikitnya 15 make up artis akan bekerja untuk mendandani muka hingga seluruh tubuh dan mengenakan prostetik bagi pelanggan mereka.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4364 seconds (0.1#10.140)